Wednesday, 6 November 2013

Mengenal Benua

Di bumi terdapat lima benua yang menjadi tempat tinggal manusia yaitu Asia, Australia, Afrika, Eropa, dan Amerika. Selain itu, terdapat pula Benua Antartika. Benua Antartika berada di bagian bumi selatan yang berupa hamparan es. Sekarang, mari kita melihat pembagian benua sesuai urutan luas wilayahnya.

1. Benua Asia
Luas Benua Asia adalah 43.998.920 km. Merupakan benua terluas. Secara astronomis, Benua Asia terletak 15° BT – 180° BT dan 80° LU – 11° LS. Batas-batasnya :
• Sebelah utara : Laut Utara/Arktik
• Sebelah timur : Samudra Pasifik
• Sebelah selatan : Samudra Hindia
• Sebelah barat : Benua Eropa

Benua Asia meliputi Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Barat, dan Asia Tengah.
Salah satu negara di Asia adalah Cina (Republik Rakyat Cina). Cina merupakan negara dengan penduduk terpadat nomor satu di dunia. Pada tahun 2002 jumlah penduduknya mencapai 1.273.111.290 jiwa. Sebagian besar penduduk Cina adalah suku Han, sisanya suku Mongol, Manchu, Korea, dan Turki. Penduduknya menganut ajaran Kong Hu Cu. Di Cina terdapat salah satu dari tujuh keajaiban dunia yaitu Tembok Besar Cina. Cina disebut juga negara tirai bambu. Pohon ini menjadi makanan panda.

India juga merupakan kawasan di Asia. Negara ini memiliki salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang berupa masjid, yaitu Taj Mahal.

Saudi Arabia merupakan salah satu negara yang terkenal di Asia. Negara ini memiliki salah satu dari tujuh keajaiban dunia, yaitu Ka’bah. Sementara itu, keajaiban dunia yang terdapat di Indonesia adalah candi Borobudur.

2. Benua Amerika
Luas Benua Amerika adalah 42.073.118 km. Secara astronomis, Benua Amerika terletak 83° LS – 56° LU dan 34° BT – 172° BT. Batas-batasnya :
• Sebelah utara : Laut Es Utara/Arktik
• Sebelah timur : Samudra Atlantik
• Sebelah selatan : Selat Drake
• Sebelah barat : Samudra Pasifik

Wilayah Benua Amerika meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan.

Sungai-sungai utama di Benua Amerika, antara lain :
Sungai Missouri, Missisipi, dan Ohiodi Amerika Utara.  SungaiLempa, Chanres,dan Montagua di Amerika Tengah, SungaiAmazon (sungai terbesar di dunia), Rio de La Plata, dan Orinokodi Amerika Selatan.
Penduduk asli Benua Amerika terdiri dari orang Indian. Dahulu banyak suku bangsa yang mendiami Benua Amerika, seperti suku  bangsa Aztek, Maya, Olmet, Toltek , Chavin, Moche, Chimu, dan Inka. Saat ini,  sebagian besar penduduk Benua Amerika adalah bangsa pendatang. Mereka  datang dari Eropa, Afrika, dan Asia.

Salah satu negara di benua Amerika adalah Brazil. Brazil merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia.

3. Benua Afrika
Luas Benua Afrika adalah 29.800.540 km Secara astronomis, Benua Afrika terletak 37° LU – 34° LS dan 17° BB – 51° BT.
Adapun batas-batas Benua Afrika adalah sebagai berikut.
• Sebelah utara : Laut Tengah, Laut Merah, Terusan Suez
• Sebelah timur : Samudra Hindia
• Sebelah selatan : Samudra Atlantik
• Sebelah barat : Samudra Atlantik

Wilayah Benua Afrika meliputi Afrika Selatan, Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, dan Afrika Tengah.

Disebut juga benua hitam sebab rata-rata penduduknya berkulit hitam. Salah satu negara di Afrika adalah Mesir. Di Mesir terdapat salah satu dari 7 keajaiban duni, yaitu Piramid. Merupakan bangunan yang dibangun sejak peradaban Mesir Kuno sebagai tempat pemakaman raja-raja. Di Afrika juga terdapat negara penghasil emas terbesar di dunia, yaitu Afrika Selatan.

Di bagian timur benua terdapat lembah. Salah satu lembah yang terkenal adalah Retak Besar (Great Rift Valley). Lembah tersebut memanjang dari Suriah, Jordania, melalui Laut Merah sampai ke Sungai Shire. Di daerah lembah terdapat danau-danau penting di Afrika, yaitu Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Malaus, dan Danau Turkana. Di daerah Lembah Retak Besar juga terdapat rangkaian gunung api. Puncak tertinggi dari rangkaian gunung api tersebut adalah Gunung Kilimanjaro.
Terusan Suez di Mesir menghubungkan Laut Tengah dengan Laut Merah. Gurun Sahara terletak di Afrika Utara merupakan gurun terluas di dunia.

4. Benua Eropa
Luas Benua Eropa adalah 9.669.550 km Secara astronomis, Benua Eropa terletak 36° LU – 71° LS dan 11° BB – 60° BT. Batas-batasnya:
• Sebelah utara : Laut Es Utara/Arktik
• Sebelah timur : Benua Asia
• Sebelah selatan : Laut Tengah, Terusan Suez
• Sebelah barat : Samudra Atlantik
Benua Eropa meliputi Eropa Utara, Eropa Tengah, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Barat.
Beberapa negara di Eropa adalah Inggris, ibukotanya London, Belanda ibukotanya Amsterdam, Jerman ibukotanya Berlin.

5. Benua Australia
Luas Benua Australia adalah 7.687.120 km. Merupakan benua terkecil. Letak astronomis Benua Australia adalah 10° LS – 43° LS dan 113° BT – 153° BT. Batas-batasnya:
• Sebelah utara : Laut Timur, Laut Arafuru
• Sebelah timur : Samudra Atlantik
• Sebelah selatan : Kutub Selatan
• Sebelah barat : Samudra Pasifik

Wilayahnya meliputi Australia, Papua Nugini, Selandia Baru, dan Oseania.
Wilayah Australia pertama kali didatangi manusia 40.000 tahun yang lalu. Mereka dipercaya sebagai nenek moyang suku Aborigin, yaitu penduduk asli Australia. Para pendatang ini kemudian hidup menyebar dan mengembangkan kebudayaan sebelum kedatangan bangsa Eropa. Mereka hidup secara berpindah-pindah.

Dataran tinggi terdapat di sebelah barat yang terdiri atas padang rumput dan gurun. Gurun yang terkenal dari Australia adalah Gurun Gibson, Gurun Besar Victoria, dan Gurun Pasir Besar.

6. Benua Antartika
Luas Benua Antartika adalah 14.254.050 km. Hampir seluruh wilayahnya tertutup lapisan es. Puncak tertingginya adalah Gunung Vinson (5.140 m). Daratan terdekat dengan Antartika adalah Afrika, Australia, dan Amerika Selatan.

0 komentar:

Post a Comment