Saturday, 22 September 2012

Mengenal Karya Musik

Bapak A.T. Mahmud merupakan nama yang tak asing lagi di dunia musik. Beliau merupakan salah satu pencipta lagu anak-anak. Lagunya sampai saat ini masih dikenal anak-anak Indonesia, contohnya lagu ”Anak Gembala” dan ”Cicak”. Lagu ”Anak Gembala” dan ”Cicak” termasuk dalam jenis lagu anak-anak. Jenis lagu ada berbagai macam. Ada lagu nasional, lagu daerah, dan lagu wajib.

Dalam bab ini kamu akan mempelajari berbagai jenis lagu. Selain itu, kamu juga akan mengenal alat musik ritmis dan mempraktikannya. Kamu penasaran? Mari mempelajarinya.

Karya musik dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karya musik instrumental dan karya musik vokal. Karya musik vokal berupa lagu. Sebaliknya, karya musik instrumental  beru pa permainan alat musik tanpa nyanyian. Setiap jenis lagu memiliki ciri khusus dan misi tertentu pula. Untuk mengetahui karakter atau watak setiap jenis lagu, kita dapat memperhatikan bentuk, tema, dan tingkat kesulitan lagu tersebut. Di bawah ini merupakan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh setiap jenis lagu.

1. Lagu Anak-Anak
Bentuk lagu anak anak biasanya sederhana dan temanya sesuai dengan jiwa anak-anak. Syair lagu tidak terlalu panjang, bahasa sederhana, dan mudah dimengerti artinya. Ambitus suara anak-anak masih terbatas. Oleh karena itu, nada-nada yang digunakan dalam melodi lagu tidak boleh melebihi sepuluh nada. Semakin sedikit jumlah nada yang dipergunakan untuk menyusun melodi lagu akan menjadikan lagu anak-anak tersebut lebih berbobot. Perhatikan contoh lagu anak-anak di bawah ini.


2. Lagu Daerah
Syair lagu daerah berisi gambaran tingkah laku masyarakat setempat secara umum. Bahasa yang digunakan adalah  bahasa daerah setempat. Teknik ucapan harus dibawakan  sesuai  de ngan dialek bahasa daerah setempat. Bentuk dan pola   susunan melodi sederhana sehingga  mudah untuk segera di kuasai oleh semua lapisan masyarakat. Perhatikan contoh lagu daerah Jawa Tengah berikut.

3. Lagu Nasional
Maksud dan tujuan diciptakannya lagu nasional adalah  menumbuhkan nasionalisme, kepahlawanan, dan mengobarkan semangat juang bangsa. Sesuai dengan tujuan tersebut, banyak syair lagu nasional mengungkapkan semangat berjuang dan persatuan. Perhatikan contoh lagu nasional berikut.

4.  Lagu Wajib Nasional
Di antara banyak judul lagu nasional terdapat dua belas judul lagu yang dikelompokkan dalam jenis lagu wajib  nasional. Jenis lagu ini wajib diajarkan di sekolah dalam rangka menghidupkan dan menanamkan rasa kebangsaan, persatuan, persaudaraan, serta memupuk semangat proklamasi kepada pemuda, pelajar, dan bangsa Indonesia.Perhatikan contoh lagu wajib nasional berikut.

0 komentar:

Post a Comment