Saturday, 22 September 2012

Dapatkah Kamu Menggambar Ilustrasi?

Dapatkah Kamu Menggambar Ilustrasi? Kamu tentu pernah membaca majalah dan surat kabar. Dalam majalah dan surat kabar terdapat banyak ilustrasi. Ilustrasi tersebut banyak macamnya, ada ilustrasi untuk cerita, ilustrasi untuk berita, juga ilustrasi untuk iklan. Ilustrasi tersebut berupa foto dan gambar ilustrasi.

Dalam buku pelajaranmu pun terdapat banyak gambar lustrasi. Ilustrasi tersebut dimaksudkan untuk memperelas isi materi yang sedang dipelajari/dibahas. Sebenarnya apa yang dimaksud gambar ilustrasi? Apa fungsi gambar ilustrasi? Bagaimana langkah-langkah menggambar ilustrasi? Nah, segera buka halaman berikutnya dan temukan jawabnya.

1.  Pengertian dan Fungsi
Gambar ilustrasi adalah gambar yang menceritakan adegan atau peristiwa. Gambar ilustrasi mempunyai fungsi sebagai berikut:
a.  Memperjelas alur atau isi cerita.
b.  Memperjelas isi pesan dalam promosi sebuah benda/produk.
c. Menarik perhatian.
d.  Menambah nilai artistik/keindahan.[1]

Gambar ilustrasi dalam bentuk seni terapan sering kita temukan dalam ilustrasi buku cerita, majalah, dan buku pelajar an. Poster dan brosur juga sering disertai gambar ilustrasi agar menarik.

2.  Teknik dan Media
Menggambar ilustrasi dapat dilakukan dengan teknik kering atau teknik basah. Teknik kering menggunakan media pensil, arang, kapur, crayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik basah menggunakan media yang berupa cat air, cat minyak, tinta, atau  media lain yang memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer

3.  Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi
Tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam menggambar ilustrasi sebagai berikut.
a.  Menyiapkan Bahan dan Alat
Tentukan terlebih dahulu teknik yang akan kamu gunakan. Teknik kering atau teknik basah? Setelah itu
persiapkan bahan dan alatnya.
b.  Memahami Teks atau Cerita
Sebelum menggambar ilustrasi, kamu perlu memahami teks atau cerita terlebih dahulu. Bacalah teks
dengan saksama, kemudian tandailah bagian yang penting atau perlu diberi ilustrasi. Perhatikan contoh
penggalan teks beserta ilustrasinya dalam buku pelajaran sains berikut.
c. Membuat Sketsa
Sketsa yang dibuat sebaiknya lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik. Perhatikan dua contoh sketsa buah nanas di bawah.
d.  Menggambar dan Mewarnai

Dari beberapa sketsa yang kamu buat, pilihlah salah satu yang terbaik. Sempurnakan garis-garis pada sketsa dan hapuslah garis-garis yang tidak perlu. Setelah itu, warnailah dengan baik.

[1] Ari Subekti, dkk, Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV, Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas, 2010, hlm. 16

0 komentar:

Post a Comment