Saturday, 1 September 2012

Menemukan Pikiran Pokok dalam Sebuah Bacaan

Apakah kamu gemar membaca? Kamu dapat membaca bacaan apa saja yang bermanfaat, karena bila gemar membaca akan banyak pengetahuan yang  diperoleh. Orang yang sering membaca akan mudah menemukanpikiran pokok dalam bacaan. Pikiran pokok terdapat dalam kalimat utama setiap paragraf.

Dalam sebuah paragraf terdapat kalimat utama (pokok pikiran) dan kalimat penjelas. Letak kalimat utama ada yang di awal, di tengah, atau di akhir paragraf. Untuk menemukan pikiran pokok bisa dilakukan dengan membaca sekilas. Membaca sekilas, yaitu membaca sekejap mata, secara singkat untuk mengetahui intinya. Langkah membaca sekilas, antara lain:

a) Siapkanlah diri dan pusatkan perhatian pada teks bacaan yang ada.
b) Pahamilah judul bacaan.
c) Bacalah teks secara sekilas dan temukan gagasan pokok yang
disampaikan oleh penulis pada kalimat utama tiap paragraf.
d) Tentukanlah hubungan pertalian makna judul dengan gagasan pokok dalam paragraf.
e) Rumuskanlah simpulan umum (gagasan pokok) isi teks yang kamu baca.[i]

Perhatikan contoh paragraf berikut. Setelah itu, kamu dapat menemukan pikiran atau gagasan pokok suatu bacaan dengan membaca sekilas. Membaca sekilas adalah membaca untuk menemukan hal-hal pokok isi bacaan.

Pekarangan Sebagai Ladang Gizi Keluarga.
Lingkungan sekitar kita adalah ladang bagi kehidupan. Kepiawaian kita untuk memanfaatkan lahan di sekitar kita akan menambah nilai ekonomi. Pekarangan rumah misalnya, di situ kita dapat menanam sayuran, buah-buahan, serta umbi-umbian. Bahkan kita pun dapat memelihara hewan piaraan di sana.
Pemanfaatan pekarangan yang baik akan menambah asupan gizi bagi keluarga. Dengan menanam buah pepaya daunnya bisa kita manfaatkan sebagai sayuran. Sayur daun pepaya dapat mencegah kita dari gigitan nyamuk. Selain itu dapat menambah nafsu makan. Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi tubuh.  Selain itu kita juga dapat menanam bayam, sawi, kangkung, kacang panjang dan lainnya.

Pekarangan juga dapat kita manfaatkan untuk memelihara ikan. Ikan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu memberikan protein bagi tubuh kita. Telur dan daging juga dapat kita peroleh dengan murah jika kita mau memelihara ayam maupun unggas lainnya di pekarangan kita. Dengan pemanfaatan lahan pekarangan yang baik maka kita tidak perlu khawatir akan terkena penyakit gizi buruk.


[i]Umri Nur’aini dan Indriyani, Bahasa Indonesia 6, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008, hlm. 5

0 komentar:

Post a Comment